Journal in Teaching and Education Area
Vol. 2 No. 1 (2025): JITERA - Journal in Teaching and Education Area

Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika

Sakdiyeh, Ikromatus (Unknown)
Ardiansyah, Roely (Unknown)
Misrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tujuan untuk menjelaskan upaya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Gunungsari 3 Surabaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini melibatkan 22 mahasiswa S1. Penelitian tindakan kelas menggunakan metodologi kualitatif deskriptif yang meliputi empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat penelitian meliputi lembar observasi aktivitas belajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Apabila hasil observasi aktivitas belajar siswa mencapai 70% atau lebih pada semua indikator aktivitas belajar, maka penelitian ini dianggap berhasil. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa berkisar antara 65% sampai dengan 70%. Hal ini bertolak belakang dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa siswa lebih terlibat dalam pembelajarannya sendiri, sehingga perlu dilakukan penelitian yang berbeda pada siklus berikutnya. Hasil pengamatan siswa dalam belajar pada siklus II menunjukkan hasil antara tujuh puluh sembilan sampai dengan delapan puluh persen. Hal ini menunjukkan bahwa dibandingkan dengan siklus sebelumnya, siswa sudah lebih aktif dalam belajar. Selain itu, penelitian ini dapat dikatakan efektif karena proporsi masing-masing indikasi yang menunjukkan keberhasilan adalah >70%. Dengan demikian, metode pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) di SDN Gunungsari 3 Surabaya dapat memotivasi siswa kelas IV untuk lebih giat belajar. Pembelajaran aktif siswa kelas IV di SDN Gunungsari 3 Surabaya dalam topik matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitera

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal in Teaching and Education Area is a double-blind, peer-reviewed, open-access journal in the Education and Teaching area. This journal is initialled as JITERA. JITERA journal provides an academic forum for researchers interested in discussing current and future educational and teaching ...