Journal in Teaching and Education Area
Vol. 2 No. 1 (2025): JITERA - Journal in Teaching and Education Area

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)

Khairina, Isna (Unknown)
Ardiansyah, Roely (Unknown)
Misrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Adanya mata Pelajaran IPA, dapat mengembankan potensi yang dimiliki oleh peserta didik dan dapat mengembangkan kemampuan berfikir peserta didik melalui pengetahuan konseptual maupun percobaan. Namun tidak semua pengetahuan mengenai alam semesta tersebut dapat dipahami secara mudah, sehingga peserta didik perlu waktu untuk menerima informasi tersebut. Meningkatkan pemahaman siswa kelas empat tentang topik Perubahan wujud benda di SDN Gunungsari III/531 merupakan kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Penelitian ini mengunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dengan mengadopsi model Kemis dan McTaggart dua siklus. Secara khusus, 22 siswa kelas empat menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar pada topik satuan panjang meningkat pada setiap siklus. Setelah rata-rata nilai 60,57 pada siklus I, hasilnya melonjak menjadi 82,35 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas empat SDN Gunungsari III/531 dapat memperoleh manfaat dari penggunaan model STAD bersama dengan pendekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar mereka yang terkait dengan konten perubahan wujud benda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitera

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal in Teaching and Education Area is a double-blind, peer-reviewed, open-access journal in the Education and Teaching area. This journal is initialled as JITERA. JITERA journal provides an academic forum for researchers interested in discussing current and future educational and teaching ...