Indonesian Community Journal
Vol 5 No 1 (2025): I-Com: Indonesian Community Journal (Maret 2025)

Pelatihan Pembuatan Tracer Study bagi Guru di MA Al-Khoirot Kabupaten Malang

Santosa, Rizky Putra (Unknown)
Jannah, Miftakhul (Unknown)
Nurwidawati, Desi (Unknown)
Halida, Arfin Nurma (Unknown)
Khoirunnisa, Riza Noviana (Unknown)
Sari, Navy Tri Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2025

Abstract

Budaya evaluasi program pendidikan berbasis data perlu diinisiasi salah satunya melalui studi penelusuran (tracer study). Tracer study berfungsi untuk melacak keadaan lulusan (alumni), mengukur relevansi kurikulum pendidikan, perbaikan kualitas pendidikan dan pengelolaan Kerjasama dengan alumni. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembuatan tracer study pada guru MA-Al-Khoirot. Program pelatihan dan pendampingan menggunakan beberapa metode. Metode yang disampaikan diantaranya presentasi, diskusi, dan praktik. Melibatkan beberapa metode pelatihan dapat mengatasi keterbatasan dari satu metode dengan lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan tentang urgensi program dengan ukuran efek besar. Pelatihan juga telah sesuai dengan desain program yang telah sesuai dengan mempertimbangkan kebutuhan dan konteks lokal sehingga mendapat keberterimaan dan efektivitas yang tinggi. Secara umum, kegiatan pengabdian sukses diselenggarakan. Terbentuk dan terlaksananya pengumpulan data oleh tim ad-hoc tracer juga telah sesuai dengan kebutuhan institusi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...