EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2025): February

Pendidikan Humanisme Berbasis Person Centered Therapy dalam Mengatasi Perundungan: Perspektif Al-Qur’an

Fatimah, Siti (Unknown)
Raya, Ahmad Thib (Unknown)
Saihu, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Pendidikan humanisme berbasis PCT menekankan nilai-nilai tanggung jawab, kebebasan, dan kemampuan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi diri, yang dianggap signifikan dalam mengatasi perundungan. Namun, penelitian sebelumnya belum secara komprehensif mengintegrasikan nilai-nilai humanisme dengan panduan moral dari Al-Qur’an untuk menciptakan model pendidikan yang efektif dalam mencegah perundungan. Penelitian ini bertujuan mengungkap konsep pendidikan humanisme dan pencegahan perundungan dalam perspektif Al-Qur’an serta menyusun model pendidikan berbasis nilai-nilai tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi pustaka dan pendekatan tematik (maudhui), yang diterapkan melalui analisis mendalam terhadap ayat-ayat Al-Qur’an terkait humanisme dan pencegahan perilaku negatif. Pendekatan ini dilakukan dengan mengelompokkan tema-tema kunci dari ayat-ayat yang relevan untuk membangun kerangka konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PCT Humanistik berbasis nilai-nilai Al-Qur’an berkontribusi secara signifikan dalam pencegahan perundungan dengan menanamkan empati, pengendalian diri, dan penghargaan terhadap keberagaman. Model ini juga memberikan implikasi penting bagi dunia pendidikan, yaitu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk membangun hubungan harmonis dan mengoptimalkan potensi peserta didik dalam konteks moral dan sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...