EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2025): February

Tantangan Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di Sekolah Dasar

Riani, Lilia Pasca (Unknown)
Susilowati, Nenden (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang mengkaji berbagai sumber terkait AKM, termasuk artikel, laporan, dan kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru yang rendah, infrastruktur pendidikan yang tidak memadai, dan kurangnya pemahaman siswa serta orang tua tentang AKM merupakan tantangan utama. Selain itu, integrasi hasil AKM dalam kebijakan pendidikan masih belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, sekolah, guru, dan orang tua untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan pelaksanaan AKM yang efektif. Dengan memperbaiki kesiapan guru, meningkatkan infrastruktur, dan memperkuat komunikasi dengan orang tua, diharapkan AKM dapat berfungsi sebagai alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...