Guru merupakan faktor terpenting dalam dunia pendidikan di seluruh dunia. Perannya menyertai pertumbuhanpendidikan dalam skala yang besar dalam setiap aspek. Dalam setiap perkembangan sistem pendidikan yang baik, adaperan guru dalam melaksanakan rencana-rencana yang dapat dilakukan dengan cara yang inovatif. Selain peran guru,peran kepala sekolah dalam memimpin tim pendidik dan budaya organisasi dalam sekolah juga penting untukmembimbing para guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang dapat memudahkan gurudalam menghadapi perubahan. Aspek-aspek yang diteliti adalah kepemimpinan transformasional dan budayaorganisasi. Dampak dari aspek tersebut, dilakukan untuk menganalisis perilaku kerja inovatif pada guru. Penelitianini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Peneliti menyebarkan kuesionerkepada guru dengan responden sebanyak 130 responden. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan metodepurposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM menggunakan aplikasi Smartpls 3.2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen pertama yaitu kepemimpinan transformasional berpengaruhsiginifikan dan positif terhadap perilaku kerja inovatif. Variabel independen kedua yaitu budaya organisasiberpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku kerja inovatif. Begitu pula dengan kedua variabel independenjika dilakukan secara simultan, berpengaruh secara signifikan terhadapa perilaku kerja inovatif. Penelitian yang telahdilakukan diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi para sekolah maupun pembuat kurikulum. Selain itu,penelitian ini juga dapat menjadikan para guru sadar betapa pentingnya perilaku kerja inovatif bagi para pendidikuntuk menghadapi perubahan. Kata Kunci-kepemimpinan transformasional, perilaku kerja inovatif, budaya organisasi, guru di depok
Copyrights © 2025