Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024)

Exploring the Implementation of Modern Physics Practicum to Enhance the Science Process Skills of Indonesian Physics Education Students: Eksplorasi Pelaksanaan Praktikum Fisika Modern dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika di Indonesia

Sintiya, Lutfi Elma (Unknown)
Putranta, Himawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Purpose – This study aims to analyze the perceptions of Indonesian physics education students in the implementation of modern physics practicums on students' science process skills. Design/methods/approach – The type of research used is descriptive research with a quantitative approach. The method used is a questionnaire survey to obtain data. Respondents in this research amounted to 34 respondents, with a purposive sampling technique. The data were analyzed using descriptive statistical techniques by classifying data in class intervals and frequencies, with each interval calculated to determine the distribution of data and converted into percentage form. Findings – The results of the study showed that Indonesian physics education students have a positive perception of modern physics practicums with 80% agreeing. The level of self-confidence in implementing SPS is still not stable with 41% of students feeling hesitant. For changes in knowledge and skills, 32% of students gave a negative response to the change. This shows that there is still doubt among students about the effectiveness of practicums in improving SPS. Research implications/limitations – Modern physics practicum provides a fairly good experience in improving students' understanding and confidence in SPS, but there are still challenges such as instability of confidence and doubts about its effectiveness. Therefore, evaluation of learning methods and further research are needed to explore the application of SPS in various institutions and analyze the factors that influence low student confidence. Originality/value – These findings suggest that although physics education students have positive perceptions of the lab, the instability of their confidence in science process skills indicates the need for more effective learning strategies to improve practical competence. The uncertainty in changes in students' knowledge and skills highlights the need for further evaluation of the design and implementation of the lab in order to truly strengthen science process skills optimally. Abstrak Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa pendidikan fisika di Indonesia terhadap pelaksanaan praktikum fisika modern terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Desain/Metode/Pendekatan – Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei kuesioner untuk memperoleh data. Responden dalam penelitian ini berjumlah 34 orang, dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan mengklasifikasikan data ke dalam interval kelas dan frekuensi, kemudian setiap interval dihitung untuk menentukan distribusi data dan dikonversi ke dalam bentuk persentase. Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan fisika di Indonesia memiliki persepsi positif terhadap praktikum fisika modern, dengan 80% menyatakan setuju. Tingkat kepercayaan diri dalam menerapkan keterampilan proses sains (KPS) masih belum stabil, di mana 41% mahasiswa merasa ragu. Adapun perubahan dalam pengetahuan dan keterampilan, 32% mahasiswa memberikan respons negatif terhadap perubahan tersebut. Hal ini menunjukkan masih adanya keraguan di kalangan mahasiswa mengenai efektivitas praktikum dalam meningkatkan KPS. Implikasi/batasan Penelitian – Praktikum fisika modern memberikan pengalaman yang cukup baik dalam meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri mahasiswa terhadap KPS, namun masih terdapat tantangan seperti ketidakstabilan kepercayaan diri dan keraguan terhadap efektivitasnya. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi terhadap metode pembelajaran serta penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi penerapan KPS di berbagai institusi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kepercayaan diri mahasiswa. Orisinalitas/Nilai – Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa pendidikan fisika memiliki persepsi positif terhadap praktikum, ketidakstabilan kepercayaan diri mereka dalam keterampilan proses sains mengindikasikan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kompetensi praktis. Ketidakpastian dalam perubahan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa menyoroti perlunya evaluasi lebih lanjut terhadap desain dan implementasi praktikum agar benar-benar dapat memperkuat keterampilan proses sains secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edulab

Publisher

Subject

Education

Description

Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan e-ISSN: 2527-7200 adalah majalah berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Pranata Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Majalah Ilmiah Edu Lab terbit setiap bulan Juni dan Desember setiap tahun. Majalah Ilmiah Edu ...