Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 14, No 1 (2025): Januari 2025

MENGINTEGRASIKAN PRINSIP 3R DALAM MENDORONG KEWARGANEGARAAN EKOLOGIS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Aini, Fadhilah (Unknown)
Husna, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Krisis lingkungan yang semakin mendalam menuntut partisipasi aktif individu dalam menjaga keberlanjutan ekosistem. Kewarganegaraan ekologis, yang menggabungkan hak dan kewajiban terhadap lingkungan, menjadi sangat penting. Artikel ini mengeksplorasi integrasi prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sebagai pendekatan untuk mendorong kewarganegaraan ekologis dan membentuk karakter peduli lingkungan di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus pada penerapan prinsip 3R di Asrama Darul Iman, Bandung. Melalui observasi dan studi literatur, ditemukan bahwa penerapan prinsip 3R dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan dan berkontribusi pada pengelolaan sampah yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi dan partisipasi santri Asrama Darul Iman dalam pengelolaan sampah sangat penting untuk menciptakan generasi yang peduli lingkungan. Dengan demikian, penerapan prinsip 3R diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam membentuk karakter peduli lingkungan dan mengembangkan kebijakan yang lebih efektif dalam pengelolaan sampah di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...