Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis
Vol 12 No 1 (2025): Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis

PENGARUH GREEN KNOWLEDGE, GREEN PRODUCT, DAN GREEN PRICE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION SEPEDA MOTOR RAMAH LINGKUNGAN Studi pada Generasi Z di Pulau Jawa

Simanjuntak, Yohana Isabel (Unknown)
Wadyatenti, Maria Angela Diva Vilaningrum (Unknown)
Kurniawati, Lucia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Banyaknya permasalahan lingkungan yang terjadi pada saat ini memicu adanya inovasi terhadap produk ramah lingkungan. Salah satu permasalahan lingkungan yang terjadi adalah polusi karbon dioksida yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor. Adanya permasalah tersebut membuat pentingnya masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang isu lingkungan dan cara mengatasinya (green knowledge), serta membuat perusahaan mulai berinovasi dengan menciptakan produk sepeda motor ramah lingkungan (green product) dan tetap meperhatikan harga yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang diterima konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh green knowledge terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 2) pengaruh green product terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 3) pengaruh green price terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 4) terdapat perbedaan green purchase intention berdasarkan minat pada jenis sepeda motor ramah lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dari generasi Z yang berdomisili di Pulau Jawa, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, dan uji independent samples t-test yangmenggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) green knowledge berpengaruh terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 2) green product berpengaruh terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 3) green price tidak berpengaruh terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 4) tidak terdapat perbedaan green purchase intention berdasarkan minat pada jenis sepeda motor ramah lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

parsimonia

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Parsimonia adalah jurnal ilmiah dalam bidang akuntansi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ma Chung Malang. Jurnal ini diterbitkan dengan tujuan menjadi media publikasi artikel berbasis riset bagi para mahasiswa, akademisi dan praktisi di bidang ...