Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peran penting kewirausahaan dalam masyarakat kontemporer dan integrasinya ke dalam sistem pendidikan. Peneltian ini menggunakan metodologi tinjauan literatur untuk menganalisis kondisi minat kewirausahaan di kalangan generasi muda Indonesia saat ini dan strategi pendidikan yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Temuan ini menggarisbawahi Dampak globalisasi telah meningkatkan persaingan di semua bidang, menekankan perlunya siswa dilengkapi dengan keterampilan hidup (life skill) melalui penanaman nilai-nilai kewirausahaan, sehingga mereka dapat sukses setelah menyelesaikan pendidikan mereka. Penting bagi mereka untuk mengubah paradigma "setelah lulus, mencari pekerjaan" menjadi "setelah lulus, menciptakan lapangan kerja". Sekolah, sebagai institusi pendidikan formal, memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan ini. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan di sekolah dapat dilakukan melalui berbagai cara, termasuk melalui proses pembelajaran dan melalui penggunaan koperasi sekolah. Dengan melibatkan koperasi sekolah, siswa dilatih untuk mempelajari kewirausahaan, dengan harapan mereka akan memiliki tingkat kemandirian yang tinggi. Selain itu, sekolah juga dapat membiasakan nilai- nilai kewirausahaan kepada siswa melalui budaya sekolah yang disepakati bersama.
Copyrights © 2025