Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Di Sekolah Dasar Serta Faktor-FaktorYang Mempengaruhi Perilaku Tersebut. Metode Yang Digunakan Adalah Pendekatan Kuantitatif Dengan MenyebarkanKuesioner Kepada Siswa Di Beberapa Sekolah Dasar. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Perilaku Peduli LingkunganSiswa Tergolong Baik, Dengan Lebih Dari 70% Siswa Aktif Berpartisipasi Dalam Menjaga Kebersihan Sekolah. IndikatorYang Diukur Meliputi Kebersihan Diri, Kebersihan Ruang Kelas, Serta Keterlibatan Dalam Kegiatan Kebersihan Bersama.Faktor Yang Berkontribusi Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Meliputi Pengalaman Pribadi, Pengaruh Budaya, DanPeran Lembaga Pendidikan Dan Agama. Pengalaman Positif Di Lingkungan Keluarga Juga Terbukti MeningkatkanKesadaran Siswa Akan Pentingnya Menjaga Kebersihan. Temuan Ini Diharapkan Menjadi Dasar Untuk MerumuskanProgram Edukasi Yang Lebih Efektif Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Di Kalangan Siswa. DenganMeningkatkan Kesadaran Dan Keterlibatan Siswa Dalam Kegiatan Kebersihan, Diharapkan Tercipta Lingkungan SekolahYang Lebih Bersih Dan Sehat. Penelitian Ini Juga Berpotensi Untuk Memperkuat Pemahaman Siswa Tentang PentingnyaMenjaga Lingkungan, Tidak Hanya Di Sekolah, Tetapi Juga Di Masyarakat Luas. Metode penelitian yang digunakan yaitujenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan studi dokumentasi.Sampel diambil denganmenggunakan Teknik total sampling.Kelas III sebagai kelas control dengan proses pembelajaran menggunakan metodekonvensional dan kelas IV sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode kebersihanlingkungan sekolah.instrumen penelitian menggunakan angket dengan 15 pertanyaan.Teknik analisis data menggunakan ujit berpasangan dengan taraf signifikasi 0,05 yaitu diperoleh thitung > ttabel (3,007>2,019). Sehingga ha diterimadan h0 ditolak.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji t berpasangan dengan taraf signifikasi 0,05 yaitu diperoleh thitung=ttabel(3,007>2,019) Sehinga ha diterima dan ha ditolak,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode perilakusiswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di kelas III sekolah Dasar Negeri100540 Hutaimbaru ajaran 2023/2024.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025