Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 10 No 1 (2025)

Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc pada Konsumen SMA Santo Yosep Kecamatan Aek Kanopan

Naibaho, Jhon Vernando (Unknown)
Meutia, Riza Fanny (Unknown)
Siregar, Dahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh social media marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik somethinc pada konsumen di SMA SANTO YOSEP Aek kanopan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dalam bentuk angket cetak yang disebar kepada responden dan analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS Statistic 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Word of mouth (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa social media marketing dan Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Mas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This ...