Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar matematika materi kubus antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together lebih meningkat dari siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, dengan rancangan pretest-postest control group design. Subjek penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontol dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 5 soal. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai > berarti diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar matematika siswa pada materi kubus antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together lebih dari rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode ceramah
Copyrights © 2025