Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Pengembangan E-Modul Menggunakan Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Mendofa, Juvita Sri Kasrina (Unknown)
Mendrofa, Netti Kariani (Unknown)
Harefa, Amin Otoni (Unknown)
Telaumbanua, Yakin Niat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih tergolong rendah. Selain itu, minimnya bahan ajar yang berbasis digital oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis (Analyze), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Kami menggunakan instrumen tes hasil belajar, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli media, angket respon guru dan angket respon siswa. Data yang dikumpulkan beruapa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran yang dikembangkan telah teruji dan dinyatakan valid baik dari segi validitas materi, validitas bahasa, dan validitas media. Selanjutnya, e-modul pembelajaran yang dikembangkan juga sangat praktis berdasarkan hasil angket respon guru dan angket respon siswa. E-modul pembelajaran yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang terlihat dari nilai hasil tes belajar siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi harapan serta tujuan penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...