Pemahaman konsep matematis yang kuat merupakan acuan bagi keberhasilan siswa dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bilangan cacah, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk: (1) menguji ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall; (2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall terhadap pemahaman konsep matematis siswa; (3) menguji ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall; (4) mengetahui motivasi siswa dengan diterapkannya model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall. Kami menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan desain one group pretest-postest dengan melibatkan siswa kelas IV SDN 25 Singkawang berjumlah 21 siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji T Dependen, Uji Effect Size, Uji N-Gain dan perhitungan persentase angket. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall; (2) model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep matematis siswa; (3) terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall; dan (4) motivasi belajar siswa tergolong sangat tinggi dengan diterapkannya model pembelajaran TGT berbantuan media wordwall.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025