Penelitian ini mengenai penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Make a Match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Alalak tengah 4 pada kelas VB dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa yang kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada aktivitas guru dari 69% hingga 100% dengan kriteria "sangat baik". Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 48% hingga 90% dengan kriteria "sangat aktif". Kemudianhasil belajar juga mengalami peningkatan pada ketiga aspek yaitu aspek kognitif dari 52% hingga 100%, aspek afektif dari 48% hingga 100% dan aspek psikomotorik dari 48% menjadi 95%. Penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025