Journal Pesona Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2024): JPI 2024

Strategi Komunikasi Dakwah di Era Digital

Budi Satria (Universitas Abdurrab, Indonesia)
Dwi Prabudiaseh (Universitas Abdurrab, Indonesia)
Rizal Effendi Putra (Universitas Abdurrab, Indonesia)
Abdullah Adhha (Universitas Abdurrab, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Dakwah secara bahasa artinya memanggil, mengundang, ajakan, imbauan dan hidangan. Dakwah juga bisa diartikan sebagai seruan atau ajakan. Dakwah tidak bisa dilepaskan dari komunikasi, dalam proses dakwah terkandung komunikasi, secara hakikat komunikasi memainkan peran penting dalam aktivitas dakwah khususnya di era digital, berhasil atau tidaknya proses dakwah yang dibawakan para da’i salah satunya ditentukan oleh faktor komunikasi, kemampuan komunikasi yang baik menjadi modal bagi para da’i untuk menyampaikan pesan dakwah secara efektif dan efisien. Komunikasi memiliki tiga peran penting dalam dunia dakwah di era digital. Pertama, membantu da’i dalam memahami karakter masyarakat di era digital. Kedua, memastikan sampainya pesan dakwah kepada masyarakat secara efektif. Ketiga, berperan dalam penyampaian pesan dakwah untuk semua segmen masyarakat di era digital. Mengingat media online dakwah adalah sebagai media penyebar komunikasi. Untuk itu melalui media ini ditekankan komunikasi yang disampaikan lebih informative. Kehadiran media online dakwah di sekitar kita ikut membantu penyebaran dakwah yang dilakukan secara lisan maupun tulisan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pesona Indonesia (JPI), diterbitkan oleh Institut Teknologi Pendidikan Indonesia E-ISSN: 3064 - 6448, adalah jurnal multidisiplin yang menjadi platform bagi peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinal, ulasan ilmiah baru, dan analisis mendalam yang relevan secara ...