Almikanika
Vol 1 No 2 (2019): April

ANALISIS KEKUATAN RANGKA MOBIL LISTRIK OTONOM MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM)

Rifqi Fauzan (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Setya Permana Sutisna (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Roy Waluyo (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Perkembangan teknologi dibidang transportasi mulai mengalami kemajuan, salah satu bukti kemajuan itu ialah mobil listrik. Mobil listrik adalah mobil yang penggerak utamanya menggunakan motor listrik yang bersumber dari energi listrik yang tersimpan di dalam baterai Mobil yang penggerak utamanya menggunakan motor listrik yang bersumber dari energi listrik yang tersimpan di dalam baterai dan bagian terpenting salah satunya ialah rangka. Penelitian ini bertujuan menghasilkan distribusi tegangan, defleksi dan safety factor menggunakan finite element method. Terdapat 3 variasi beban pengemudi 60 kg, 120 kg  dan 180 kg. Hasil analisis terbesar yang terjadi pada pembebanan pengemudi sebesar 180 kg mendapat tegangan maksimal sebesar 44,390 N/mm2, defleksi maksimal sebesar 0,597 mm dan safety factor sebesar 7. Dari analisis tersebut membuktikan bahwa rangka aman dan masih diatas standar aman untuk spesifikasi profil material hollow AISI 1015.Kata kunci :  Defleksi, Finite element method, Faktor keamanan, Mobil listrik, Tegangan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ALMIKANIKA

Publisher

Subject

Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Almikanika journal Berisi hasil-hasil penelitian, studi lapangan, pemikiran atau gagasan yang berkaitan dengan Teknik Mesin yang tidak terbatas pada Energi, Mekanika Struktural, Material & Manufacturing, dan ...