Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan kreativitas siswa kelas I dengan menggunakan teknik ecoprint dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SD Inpres Kuanino 3 kota Kupang. Pendidikan seni dianggap krusial dalam mengembangkan potensi siswa sejak usia dini, dan teknik ecoprint dipilih karena keberlanjutannya terhadap lingkungan serta penggunaan bahan alami seperti daun dan bunga untuk menciptakan motif pada kain. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yang menggambarkan bagaimana penerapan teknik ecoprint mempengaruhi kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan teknik ecoprint siswa menunjukan kresativitas yang tingi. Penggunaan teknik ecoprint tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam seni, tetapi juga mendalami pemahaman mereka tentang lingkungan dan warisan budaya local yang dapat dijadikan seni. Dengan demikian, teknik ini memberikan dampak positif dalam mengembangkan kreativitas dan apresiasi seni siswa di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2024