J-CEKI
Vol. 3 No. 6: Oktober 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar TIK Kelas X SMAN 1 Rao Utara

Ratna Sari (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Supratman Zakir (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Liza Efriyanti (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Jasmienti Jasmienti (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh strategi pembelajaran Reciprocal teaching terhadap hasil belajar Tik siswa kelas X SMAN 1 Rao Utara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan rancangan penelitian pretest-postest control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Rao Utara pelajaran tahun 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan perhitungan program data IBM SPSS statistics v.26 for windows yang menggunakan uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test. Dasar pengambilan keputusan jika nilai sig(2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) 0,00 < 0,05 atau t-hitung = 152,02 > t-tabel = 0,366. Ini berarti nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel baik pada taraf 5%. Maka hipotesis nilai (H0) di tolak dan hipotesis alternative (Ha) di terima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 Rao Utara

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...