Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh strategi pembelajaran Reciprocal teaching terhadap hasil belajar Tik siswa kelas X SMAN 1 Rao Utara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan rancangan penelitian pretest-postest control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Rao Utara pelajaran tahun 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan perhitungan program data IBM SPSS statistics v.26 for windows yang menggunakan uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test. Dasar pengambilan keputusan jika nilai sig(2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) 0,00 < 0,05 atau t-hitung = 152,02 > t-tabel = 0,366. Ini berarti nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel baik pada taraf 5%. Maka hipotesis nilai (H0) di tolak dan hipotesis alternative (Ha) di terima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 Rao Utara
Copyrights © 2024