J-CEKI
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Relevansi Pancasila sebagai Ideologi Negara di Era Modern pada Kalangan Generasi Z

Rayda Rachma Fatin (Universitas Tarumanagara)
Farah Nabila Nasution (Universitas Tarumanagara)
Ellen Cheryl Hastono (Universitas Tarumanagara)
Aurora Nurul Khamila (Universitas Tarumanagara)
Raden Ajeng Astari Adina Warasto (Universitas Tarumanagara)
Raja Oloan Tumanggor (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Perkembangan zaman yang begitu pesat membawa dampak signifikan terhadap nilai-nilai, pandangan dunia, dan gaya hidup manusia, terutama bagi Generasi Z. Kemudahan akses terhadap informasi dan berbagai layanan melalui teknologi digital telah menciptakan ketergantungan yang signifikan pada perangkat elektronik di kalangan Generasi Z. Bergantungnya Generasi Z pada teknologi dalam memperoleh informasi mengakibatkan terbukanya kesempatan bagi budaya asing untuk memengaruhi Generasi Z dengan budaya dan nilai-nilai yang mereka miliki. Pergeseran nilai dan norma yang terjadi akibat globalisasi dan perkembangan teknologi menuntut Generasi Z untuk memiliki pondasi yang kuat, salah satunya dengan mengacu pada nilai-nilai Pancasila. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi Pancasila sebagai ideologi negara di era modern pada kalangan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang Generasi Z. Data pada penelitian ini diperoleh dengan melakukan proses tanya jawab untuk menghasilkan informasi dari narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z menganggap nilai-nilai Pancasila masih relevan sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi, terdapat tantangan dalam memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai tersebut yang disebabkan oleh pengaruh teknologi dan arus globalisasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya upaya untuk memperkuat pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Pancasila dalam membentuk generasi muda yang berkarakter Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...