J-CEKI
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Penerapan Metode Customer Relationship Management (CRM) pada Perbandingan Live E-Commerce Shopee dan Tiktok terhadap Penjualan Produk Atribut Kampanye pada Peristiwa Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024

Wira Yudha Alam (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Patria Winahyu Binantoro (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Apriliawan Khafid Muzuka (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ida Zuroida (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Titik Harniati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada 27 November 2024 di Indonesia menimbulkan berbagai pro dan kontra, menggambarkan dinamika dalam proses demokrasi. Khususnya di Provinsi Jawa Timur, kompetisi antar kandidat yang siap bersaing semakin menghangat. Di sisi industri, terdapat pertumbuhan yang signifikan di sektor percetakan, yang berupaya memenuhi kebutuhan atribut kampanye dengan cepat dan efisien. Sementara itu, perkembangan e-commerce, terutama melalui fitur live streaming, menyediakan pendekatan baru dalam pemasaran, yang memungkinkan interaksi langsung antara penjual dan konsumen. Dengan meningkatnya penggunaan internet, potensi live streaming di e-commerce semakin besar, dan penerapan Customer Relationship Management (CRM) menjadi krusial untuk memperkuat hubungan dengan konsumen. Analisis menunjukkan bahwa platform seperti Shopee dan TikTok Shop berhasil menerapkan indikator kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik yang baik, mendukung posisi mereka di pasar. Secara keseluruhan, dinamika politik dan perkembangan industri digital ini mencerminkan era baru bagi Indonesia, menghadirkan peluang sekaligus tantangan yang memerlukan perhatian berbagai pihak terkait.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...