J-CEKI
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Persaingan Pasar Air Mineral Indonesia: Kajian Diferensiasi Produk Dan Penetapan Harga Aqua, Le Minerale, Dan Cleo

Dede Ruslan (Universitas Negeri Medan)
Indriana Dachi (Universitas Negeri Medan)
Lora Theresia (Universitas Negeri Medan)
Nurul Azmi (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi diferensiasi produk dan penetapan harga tiga merek air mineral utama di Indonesia: AQUA, Le Minerale, dan Cleo. Studi ini berangkat dari dinamika persaingan industri air minum dalam kemasan (AMDK) yang terus berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perubahan gaya hidup masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan data sekunder dari publikasi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AQUA memimpin pasar dengan citra merek premium dan inovasi berkelanjutan, Le Minerale berhasil menarik perhatian dengan diferensiasi berbasis kesehatan dan inovasi kemasan, sedangkan Cleo menargetkan segmen harga ekonomis dengan keunggulan aksesibilitas. Strategi diferensiasi dan penetapan harga yang diterapkan masing-masing merek mencerminkan upaya mereka dalam menghadapi persaingan pasar dan menjangkau target konsumen tertentu. Studi ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi kompetitif dalam industri AMDK di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...