J-CEKI
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Radar Sulteng Untuk Mempertahankan Pelanggan

Ahmad Fauzan (Universitas Tadulako)
Rizky Alfiyaty (Universitas Tadulako)
Fitriani Puspa Ningsih (Universitas Tadulako)
Nurdiana Nurdiana (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan Harian Radar untuk Mempertahankan Pelanggan, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan dasar penelitian studi kasus, melalu teori Strategi Komunikasi Hafied Cangara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harian Radar Sulteng mengalami penurunan signifikan dalam penjualan akibat persaingan dari media digital, terutama setelah gempa pada tahun 2018. Meskipun demikian, perusahaan berupaya mempertahankan eksistensi dan meningkatkan omset. Harian Radar Sulteng menerapkan empat dari lima tahapan strategi menurut Hafied Changara, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (excecute), evaluasi (measure) , dan pelaporan (react), namun tidak menggunakan tahapan pertama yaitu penelitian (research). Dalam merencanakan strategi komunikasi, mereka fokus pada segmentasi audiens, terutama di lingkungan pemerintahan, dan menerapkan strategi penjualan borongan. Strategi pelaksanaan melibatkan kerja sama dengan panitia kegiatan, penawaran pembelian koran dengan bonus liputan, serta upaya beradaptasi dengan digitalisasi. Evaluasi dilakukan secara terstruktur setiap dua minggu atau satu bulan, sementara pelaporan hasil evaluasi memungkinkan berbagi temuan dengan pemangku kepentingan dan mendapatkan umpan balik. Dengan demikian, strategi komunikasi Harian Radar Sulteng didasarkan pada pemahaman pasar dan kebutuhan pelanggan, serta melibatkan serangkaian tahapan untuk memastikan kesuksesan dan perbaikan berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...