J-CEKI
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Analysis of Factors Influencing Repurchase Decisions for Mie Sedaap Products Using Binary Logistic Regression Method

Abhiyoga Deyandra Putra (Universitas Bakrie)
Samsul Arifin (Universitas Bakrie)
Muhammad Feyzel Khalfani Putra Ardanesworo (Universitas Bakrie)
Jerry Heikal (Universitas Bakrie)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kembali produk Mie Sedaap dengan metode regresi logistik biner. Di tengah persaingan ketat industri mi instan di Indonesia, penelitian ini mengevaluasi pengaruh 27 variabel independen terhadap kepuasan pelanggan dan niat beli ulang. Variabel tersebut meliputi Harga Terjangkau, Harga Kompetitif, Harga Sesuai Kualitas, Harga Sesuai Manfaat, Kemasan Baik dan Mudah Dibaca, Varian Cukup Banyak, Produk Tahan Lama, Kualitas Diandalkan, Merek Terkenal, Merek Bergengsi, Mudah Diingat, Reputasi Baik, Mudah Dijangkau, Selalu Tersedia, Produk Baru Inovatif, Variasi Rasa Baru, Layanan Pelanggan (CS), Testimoni Baik, Rekomendasi Teman, Rekomendasi Keluarga, Rekomendasi Influencer, Promosi Facebook, Promosi Twitter, Promosi YouTube, Promosi Website Resmi, Promosi Iklan, dan Puas Secara Keseluruhan. Data diperoleh melalui survei online kepada 105 responden di wilayah Jabodetabek. Hasil analisis menunjukkan bahwa "harga terjangkau" dan "kepuasan secara keseluruhan" merupakan dua variabel utama yang signifikan dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05. Model regresi memiliki akurasi sebesar 85,7%, dengan 87 pelanggan terprediksi melakukan pembelian kembali. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi harga kompetitif dan peningkatan kepuasan pelanggan dalam mendorong kepuasan konsumen dan retensi pelanggan. Selain berkontribusi pada literatur perilaku konsumen, temuan ini menawarkan panduan praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan daya saing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...