Penelitian tentang model-model desain pembelajaran mengkaji secara mendalam berbagai model desain pembelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam memilih dan mengadaptasi model desain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar dan mendukung pencapaian kompetensi abad ke-21. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui studi dokumen, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan, serta observasi pada penerapan model dalam konteks pembelajaran nyata. Analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi karakteristik, kelebihan, kekurangan, dan relevansi masing-masing model dalam mendukung proses pembelajaran. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model ADDIE menekankan siklus pengembangan sistematis, Dick and Carey menawarkan pendekatan yang terstruktur, Kemp memiliki fleksibilitas dalam implementasi, Banathy berorientasi pada integrasi sistem, dan PPSI sangat terorganisir untuk pembelajaran berbasis kompetensi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025