J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Pengaruh Kurikulum Merdeka Dan Program Sekolah Penggerak (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Lempuing

Fuji Romadhona (Unknown)
Bukman Lian (Unknown)
Muhammad Juliansyah Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Pengaruh Kurikulum Merdeka  terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. (2)Pengaruh Program Sekolah Penggerak (P5) terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. (3)Pengaruh Kurikulum Merdeka  dan Program Sekolah Penggerak ( P5) secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada sekolah penggerak yang ada di Kec. Lempuing yaitu SDN 1 Tugu Agung, SDN 1 Tulung Harapan dan SDN 5 Tugu mulyo dengan responden 105 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji Validasi dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas,linieritas dan multikolinearitas. Sedangkan data dianalisis menggunakan uji T dan uii F menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan : Adanya pengaruh yang signifikan kurikulum merdeka dan Program Sekolah Penggerak (P5)  terhadap hasil belajar siswa SD di Kec. Lempuing terbukti dari kontribusi pengaruh sebesar70,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi variabel ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...