J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membangun Pranata Sosial

Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Mukti Ali (Unknown)
Ade Rosad (Unknown)
Dwi Noviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membangun pranata sosial yang tangguh, dengan fokus pada kontribusi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan masyarakat yang inklusif, toleran, dan berkeadilan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis deskriptif-analitis terhadap berbagai literatur terkait pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pranata sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya membentuk individu yang religius, tetapi juga berperan sebagai katalisator perubahan sosial dengan menanamkan nilai-nilai keadilan, toleransi, dan kasih sayang yang relevan dalam kehidupan bermasyarakat. Pembelajaran yang bersifat eksperiensial dan kontekstual terbukti efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai sosial kepada peserta didik. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang lebih holistik dan kontekstual, yang tidak hanya berfokus pada aspek ritual keagamaan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai sosial secara lebih praktis dan aplikatif. Dengan demikian, pembelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat menjadi instrumen penting dalam memperkuat pranata sosial dan mengatasi tantangan sosial dalam masyarakat yang semakin pluralistik dan mengglobal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...