J-CEKI
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Pembelajaran Project-Based Learning dalam Perspektif Holisme Epistemologi Quine

Jaja Jamaludin (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL) melalui perspektif holisme epistemologi yang dikemukakan oleh Willard Van Orman Quine. Quine menyatakan bahwa pengetahuan ilmiah adalah jaringan keyakinan yang saling terkait, di mana tidak ada pernyataan yang dapat diuji secara terpisah dari keseluruhan teori. Kajian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menganalisis konsep dan implementasi PjBL dalam konteks pendidikan modern, dengan menekankan hubungan antara interkonektivitas pengetahuan dan proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa PjBL sejalan dengan prinsip holistik Quine, terutama dalam integrasi pengetahuan antar-disiplin ilmu dan pengembangan keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...