Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tawakal pada ibu yang memiliki anak keterlambatan bicara di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalsel. Bagaimana tawakal yang dilakukan oleh ibu yang memiliki anak keterlambatan bicara di PLDPI. Metode yang digunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu 4 orang ibu di PLDPI yang memiliki anak keterlambatan bicara murni, keterlambatan bicara pada autis, keterlambatan bicara pada hiperaktif, keterlambatan bicara pada retardasi mental. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara mendalam dan dokumen-dokumen yang berkaitan. Adapun teknik pengolahan data menggunakan model analisis Miles dan Huberman; reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek yang timbul setelah dilakukannya tawakal yakni ketenangan dan ketentraman, kekuatan, kemuliaan, ridha dan harapan. Adapun faktor yang mempengaruhi proses tawakal berasal dari suami, kerabat, teman-teman dan diri sendiri.
Copyrights © 2023