cover
Contact Name
Ahmad Juhaidi
Contact Email
jurnalalwashliyah@gmail.com
Phone
+6285736023858
Journal Mail Official
jurnalalwashliyah@gmail.com
Editorial Address
Matang Ginalun, Kec. Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan 71352
Location
Kab. hulu sungai tengah,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Washliyah: Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : 29870097     DOI : 10.70943
Al-Washliyah: Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora menerbitkan artikel ilmiah dengan lingkup bidang pada pendidikan, sosial dan humaniora.
Articles 29 Documents
Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Batubara di Provinsi Kalimantan Selatan Jalaluddin Jalaluddin; Abdul Hafiz Sairaji; Muhammad Lutfi; Sa'adah Sa'adah
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i1.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara serta faktor kendala dalam mengimplementasikan undang-undang tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ida Manggala dengan subjek penelitian adalah lima orang dari perusahaan pertambangan, pemerintah dan masyarakat dan untuk objek penelitian adalah implementasi peraturan mengenai pertambangan batubara. Metode penelitian menggunakan hukum normatif dalam implementasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi peraturan pertambangan batubara bahwa pihak PT. BAS telah melaksanakan reklamasi sedikit demi sedikit sesuai dengan amanat perundang-undangan yang berlaku, sementara dari pihak masyarakat menyatakan bahwa PT. BAS tidak menerapkan peraturan dengan baik dapat dilihat lingkungan sekitar menjadi rusak akibat pertambangan batubara dan dari pihak pemerintah memandang bahwa tidak adanya masalah penyimpangan dalam peraturan tentang bertambangan dan pencemaran lingkungan di Desa Ida Manggala. Tidak terlaksananya reklamasi menyebabkan permukaan tanah yang tidak merata membuat kebun karet warga rusak total. Kerusakan lingkungan Desa Ida Manggala akibat pertambangan batubara ternyata lepas dari pengawasan pemerintah. Faktor yang mempengaruhi implementasi peraturan mengenai pertambangan batubara tersebut adalah adanya Covid-19, hukum itu sendiri, disposisi, mis komunikasi, dan masyarakat sekitar. Faktor inilah yang membuat implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara serta faktor kendala dalam mengimplementasikan undang-undang tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ida Manggala dengan subjek penelitian adalah lima orang dari perusahaan pertambangan, pemerintah dan masyarakat dan untuk objek penelitian adalah implementasi peraturan mengenai pertambangan batubara. Metode penelitian menggunakan hukum normatif dalam implementasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi peraturan pertambangan batubara bahwa pihak PT. BAS telah melaksanakan reklamasi sedikit demi sedikit sesuai dengan amanat perundang-undangan yang berlaku, sementara dari pihak masyarakat menyatakan bahwa PT. BAS tidak menerapkan peraturan dengan baik dapat dilihat lingkungan sekitar menjadi rusak akibat pertambangan batubara dan dari pihak pemerintah memandang bahwa tidak adanya masalah penyimpangan dalam peraturan tentang bertambangan dan pencemaran lingkungan di Desa Ida Manggala. Tidak terlaksananya reklamasi menyebabkan permukaan tanah yang tidak merata membuat kebun karet warga rusak total. Kerusakan lingkungan Desa Ida Manggala akibat pertambangan batubara ternyata lepas dari pengawasan pemerintah. Faktor yang mempengaruhi implementasi peraturan mengenai pertambangan batubara tersebut adalah adanya Covid-19, hukum itu sendiri, disposisi, mis komunikasi, dan masyarakat sekitar. Faktor inilah yang membuat implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara menjadi tidak maksimal.
Pengaruh Hubungan Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling Haris Fadillah; Miftahur Rizki; Nurul Rahmi
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i1.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interpersonal guru Bimbingan Konseling (BK) terhadap motivasi siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di MAN Kapuas dan sampel berjumlah 55 orang. Metode pengumpulan data dengan Kuesioner hubungan interpersonal guru BK dan Kuesioner motivasi siswa mengikuti layanan BK. Teknik analisis data dengan uji regresi linear dan uji persyaratannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan interpersonal guru BK dengan kategoru baik. Pengukuran dengan motivasi juga menunjukkan motivasi siswa mengikuti layanan dengan kategori baik.
Ketersediaan dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan Pada Proses Belajar Syarifah Salmah; Melly Wulandari; M. Adli Nurul Ihsan
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i1.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana di MIN 2 Tapin, bagaimana pemanfatan sarana dan prasarana di MIN 2 Tapin, Bagaimana proses belajar peserta didik pada ketersedian dan pemanfaatan sarana dan prasarana di mata pelajaran penjasorkes di MIN 2 Tapin. Metode yang digunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertilis atau lisan maupun perilaku yang diamati nantinya. Subjek objek penilitian ini adalah kepala sekolah dan dewan guru, ketersediaan dan premanfaatan sarana dan prasarana pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. ketersedeian dan pemanfaatan sarana dan prasarana penjasorkes tidak mencukupi standar sarana prasarana sekolah dasar dan keadaan sarana dan prasarana di MIN 2 Tapin dalam keadaan rusak yang seharusnya sudah ada pebaharuan untuk sarana dan prasarana. Pada proses belajar penjasorkes guru wali kelas merangkap menjadi guru pemegang mata pelajaran penjasorkes. Guru wali kelas juga dalam perencanaan pembelajaran penjasorkes tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan, Program Semester, guru berpatokan pada Lembar Kerja Siswa (LKS). Dalam proses belajar guru membuat lembar tugas untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, dan memodifikasi sarana dan prasarana yang keterbatasan di sekolah.
Integrasi Ilmu dan Perbuatan pada Materi Pendidikan Agama Islam Mutia Fitri Indriani; Miftahul Aula Sa'adah
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i1.28

Abstract

Pendidikan agama pada peserta didik saat ini menghadapi berbagai macam tantangan, salah satunya kurikulum pendidikan agama lebih mengutamakan aspek kognitif daripada membentuk kesadaran peserta didik bagaimana menjalani kehidupan sesuai tuntunan agama. Melalui integrasi ilmu dan perbuatan dalam pembelajaran PAI, diharapkan membentuk generasi yang tidak hanya menguasai teori namun juga mengamalkan ilmu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukkan bahwa integrasi ilmu dan perbuatan pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Banjarmasin sudah berjalan dengan baik. Terlihat dari beberapa indikator seperti guru mengintegrasikan ilmu dan perbuatan dalam menyusun perangkat pembelajaran pada RPP dan silabus, guru mengintegrasikan pada substansi materi pembelajaran serta integrasi ilmu dan perbuatan dalam kegiatan ekstrakulikuler, seperti KSI (Kelompok Studi Islam) yang membantu pembentukan kepribadian Islami. Faktor pendukung integrasi ilmu dan perbuatan adalah adanya profesionalitas guru, keteladanan guru, proses pembelajaran yang efektif, KSI, dan lingkungan pendidikan yang kondusif, adapun faktor penghambat yaitu perbedaan karakteristik peserta didik, lingkungan pergaulan yang tidak baik, serta penyalahgunaan penggunaan media dan teknologi.
Gambaran Tawakal pada Ibu yang memiliki Anak Gangguan Speech Delayed (Keterlambatan Bicara) di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalsel Islamyta Rahmi Azzahra; Widiya Aris Radiani
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i2.38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tawakal pada ibu yang memiliki anak keterlambatan bicara di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalsel. Bagaimana tawakal yang dilakukan oleh ibu yang memiliki anak keterlambatan bicara di PLDPI. Metode yang digunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu 4 orang ibu di PLDPI yang memiliki anak keterlambatan bicara murni, keterlambatan bicara pada autis, keterlambatan bicara pada hiperaktif, keterlambatan bicara pada retardasi mental. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara mendalam dan dokumen-dokumen yang berkaitan. Adapun teknik pengolahan data menggunakan model analisis Miles dan Huberman; reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek yang timbul setelah dilakukannya tawakal yakni ketenangan dan ketentraman, kekuatan, kemuliaan, ridha dan harapan. Adapun faktor yang mempengaruhi proses tawakal berasal dari suami, kerabat, teman-teman dan diri sendiri.
Konsep dan Sumber Ilmu (Sebuah Pendekatan Maudhu’i) M. Noor Fuady
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i1.41

Abstract

Pengulangan kata "ilmu" dalam Al-Quran menunjukkan betapa pentingnya konsep ini dalam Islam dan seberapa besar perhatian yang diberikan oleh agama ini terhadap ilmu pengetahuan. Sejarah membuktikan kejayaan Islam pada masa klasik dan awal abad pertengahan, dan agama ini menjadi sumber inspirasi bagi bangsa-bangsa Eropa yang ingin bangkit dari keterpurukan dan keterbelakangan. Islam telah menjadi guru bagi bangsa Eropa selama berabad-abad. Meskipun masa lalu yang penuh dengan euforia, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian ilmu, Allah Swt sebagai sumber ilmu (qauliyah dan kauniyah), objek ilmu, dan cara untuk mencapainya. Ada tiga jenis ilmu yang dikenal dalam Islam, yaitu ma'rifah, ladunni, dan kasbi.
Efektivitas Konseling Kelompok Singkat Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa dalam Belajar Villa Silvi; Hidayat Maruf; Widiya Aris Radiani
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i1.42

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of short group counseling focused on solutions to increase student responbility in learning. This study used a quantitative experimental approach with the type of pre-experiment design design one group pretest-posttest. The sample in this study was 6 students of class XI IIS SMAN 2 Puruk Cahu. Data collection techniques in this study used a scale of learning responbility, interviews, observation and documentation. The results of the study showed that there were differences between before and after being given treatment. Before being given treatment the average value was 56,07%. After being given treatment it became 68,45%, meaning that the percentage of students responbility in learning increased by 12,38% after being given treatment. Meanwhile based on the results of the paired T-Test, a signicance value of 0,002 < 0,05 was obtained, so it can be concluded that Ha is accepted so that solution Focused Brief Group Conseling is effective for increasing students responbility in learning at SMAN 2 Puruk Cahu.
Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Syarifah Salmah; Diniyah Diniyah
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i2.45

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa di kelas V di MIN 10 Banjar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi siswa kelas V di MIN 10 Banjar, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB berjumlah 22 orang di MIN 10 Banjar. Untuk teknik pengumpulan data yaitu berupa angket dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh reward (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,013 yang kurang dari 0,05 (0,013 < 0,05). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara reward dan motivasi belajar siswa kelas V di MIN 10 Banjar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MIN 10 Banjar.
Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Mengurangi Konformitas Negatif pada Siswa Haris Fadillah; Ahdayani Magfirah; Mufida Istati
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i2.47

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konformitas negatif siswa sebelum, sesudah dan mengukur seberapa efektif layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk mengurangi konformitas negatif siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental design tidak adanya variable control dan sampel tidak dipilih secara random. Desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Hasil analisis pretest angket konformitas negatif dari 32 siswa diperoleh 6 orang siswa dengan kategori tinggi rata-rata >199. Kemudian hasil analisis posttest angket konformitas negatif dengan rata-rata<112 1 siswa kategori rendah dan 5 siswa kategori sedang. Layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh dalam mengurangi konformitas negatif siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test (t-test) dengan program SPSS 22, dengan membandingkan hasil Signifikansi uji hipotesis dengan perbandingan 0,05. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai Signifikansi diperoleh dengan 0,000<0,05 dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak artinya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk mengurangi konformitas negatif siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banjarmasin.
Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Khadijah Khadijah; Hidayat Ma'ruf; Tamjidnoor Tamjidnoor
Al Washliyah : Jurnal Penelitian Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Washiliyah Barabai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70943/jsh.v1i2.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Wali kelas VI dan Kepala Sekolah SDN Tanjung Pagar 4 Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas VI SDN Tanjung Pagar 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian diolah melalui teknik editing, klarifikasi, dan interpretasi hingga akhirnya bisa dianalisis dan disajikan. Hasil dari temuan dalam penelitian ini adalah 1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Tanjung Pagar 4 Banjarmasin sudah cukup lumayan, ini dapat dilihat dari perbandingan soal tes yang diujikan dengan nilai yang didapatkan. Guru pun juga sudah menerapkan indikator kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Liin & Grounlund dalam pembelajaran, meskipun pada soal tes yang diujikan ada beberapa indikator yang tidak termuat dan soal tes lebih banyak memuat level kognitif C1 dan C2 yang kurang melatih daya pikir kritis siswa. 2) Ada beberapa upaya yang guru lakukan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya; Memberikan penjelasan sederhana yang meliputi: memfokuskan pertanyaan, menganalisis pertanyaan, bertanya, dan menjawab tentang suatu penjelasan atau tantangan, Membangun keterampilan dasar siswa, Menyimpulkan dan memberikan pertimbangan lanjut serta mengatur strategi dan taktik.

Page 1 of 3 | Total Record : 29