Pelatihan merupakan sebuah kegiatan formal dan terencana yang diselenggarakan untuk memfasilitasi seseorang meningkatkan kompetensi. Untuk memastikan tujuan pelatihan tercapai, penting bagi penyelenggara pelatihan melakukan evaluasi pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau efektivitas pelatihan Effective Communication & Public Speaking STIE Pembangunan Tanjungpinang dengan mengadopsi model Kirkpatrick tingkat 1 dan tingkat 2 yang mengukur reaksi dan pembelajaran. Reaksi peserta diukur secara deskriptif, sementara pembelajaran peserta diukur melalui pemberian pre-test dan post-test yang terdiri dari 15 soal yang diberikan sebelum pelatihan dimulai dan setelah pelatihan selesai. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan paired-sample t-test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reaksi peserta pelatihan Effective Communication & Public Speaking mencapai 84,2 % dari hasil yang diharapkan. Pengujian paired sample t-test menunjukkan nilai t didapatkan sebesar 4.098 dengan sig. 0.001 < 0.05. Artinya, terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test peserta pelatihan Effective Communication & Public Speaking STIE Pembangunan tanjungpinang.
Copyrights © 2024