Penggunaan media sosial sebagai jembatan komunikasi semakin banyak digunakan oleh perusahaan, organisasi dan instansi pemerintah. Fitur yang ada di aplikasi media sosial dimanfaatkan tidak hanya sebagai alat persebaran informasi tapi juga membangun hubungan yang berarti dengan publik. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui bagaimana Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang Cikampek dalam mengelola akun media sosial Instagram yang mencakup tahap share, tahap optimize, tahap manage dan tahap engage. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif menggunakan teknik pengumpulan wawancara, observasi dan studi pustaka. Melalui penelitian disimpulkan bahwa, Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang Cikampek, memanfaatkan Instagram sebagai media sosial utama untuk membangun komunikasi timbal balik dengan waktu sebenarnya, konten dibagi dalam kategori pemberitaan perusahaan, edukasi dan hiburan. Optimalisasi akun ini dilakukan dengan secara rutin mengunggah konten, dan menggunakan tagar dan menyebut pihak terkait dalam unggahan, keterangan gambar ditulis dengan konsep Attention, Interest, Desire, Action (AIDA). Pengelolaan akun ini masih dilakukan secara manual dengan monitoring setiap bulan dan perencanaan konten. Akun ini membangun keterikatan dengan pengikutnya, melalui cara bekerjasama influencer yang memiliki perhatian pada bidang pertanian, karyawan yang memiliki banyak pengikut di media social, petani binaan yang sukses dan tokoh manajemen dalam setiap unggahannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022