Penelitian ini menginvestigasi Pondok Pesantren Baitussalam Pamulang sebagai studi kasus untuk memahami praktik pendidikan Islam di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi visi, misi, filosofi pendidikan, metode pengajaran, dan peran pesantren dalam masyarakat. Data dikumpulkan melalui observasi mendalam, wawancara, dan studi dokumentasi, lalu dianalisis untuk menarik kesimpulan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini memiliki komitmen yang kuat terhadap penyediaan pendidikan Islam berkualitas dan holistik. Visi dan misi pesantren menekankan pada pembentukan karakter Islami dan kontribusi pada pembangunan masyarakat. Filosofi pendidikan yang digunakan mencakup pendekatan holistik yang melibatkan aspek spiritual, intelektual, emosional, dan sosial siswa. Metode pengajaran pesantren berbasis tradisional Islam, tetapi juga mengintegrasikan teknologi modern. Selain memberikan pendidikan agama, pesantren juga memainkan peran penting dalam memperkuat identitas keislaman dan memelihara nilai-nilai tradisional.
Copyrights © 2024