Ulil Albab
Vol. 1 No. 5: April 2022

Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Muslimat NU 2 Palembang

Ratih Indah Sari (UIN Raden Fatah Palembang)
Choirun Niswah (Unknown)
Fuaddilah Ali Sofyan (Unknown)
Sunardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 2 Palembang. Sampel pada penelitian adalah seluruh anak kelas B2 dengan jumlah 10 anak. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terdapat hubungan dari pembelajaran collaborative learning terhadap sosial emosional anak, dapat dilihat dari hasil analisis data nilai rhitung = 0,9356960647 sedangkan df = 10-2 = 8 dengan signifikan 0,05 sehingga diapat nilai rtabel = 0,549. Karena rhitung > rtabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan pembelajaran collaborative learning terdapat sosial emosional anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 2 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...