Penanganan komplain pelanggan merupakan aspek krusial dalam manajemen layanan pelanggan di industri perhotelan. Komunikasi yang efektif menjadi kunci untuk memastikan bahwa komplain tersebut ditangani dengan baik dan menghasilkan solusi yang memuaskan bagi pelanggan. Studi kasus ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi penanganan komplain di Hotel The Rinra Makassar pada tahun 2018 dengan fokus pada optimalisasi komunikasi yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data melalui analisis dokumen internal, kajian literatur dari penelitian studi kasus terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsif dan tanggapnya staf terhadap komplain, komunikasi empatik dan sensitif, penjelasan yang jelas, dan peningkatan keterampilan komunikasi staf merupakan faktor kunci dalam strategi penanganan komplain yang efektif. Kesimpulannya, komunikasi yang efektif memainkan peran vital dalam memperbaiki pengalaman pelanggan dan mencapai kesuksesan dalam industri perhotelan..
Copyrights © 2024