Ulil Albab
Vol. 1 No. 7: Juni 2022

Evaluasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah

Riza Apriani (IAIN Salatiga)
Maulida Nafi’al Husna (Unknown)
Mukh Nursikin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Perencanaan pendidikan karakter telah dimulai sejak 10 tahun yang lalu. Nmun hasilnya pelaksanaannya di sekolah belum diketahui secara pasti, sehingga perlu adanya identifikasi mengenai problematika evaluasi pendidikan di sekolah. Artikel ini bersifat deskriptif, Artinya didalamnay mencakup mengenai cara mengidentifikasi serta mengevaluasi keberhasilan hasil belajar siswa dalam melakukan pembelajaran yang ada di sekolah. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yakni untuk menemukan sebuah keunggulan serta kelemahan dalam melalukan evaluais pembelajaran. Seperto halnya , Tes uraian,, Tes objektif maupun subjektif. Kurikulum, implementasi pembelajaran, sumber belajar, dan mitra kerja pendidikan karakter sudah banyak dikaji. Pengalaman emperis di lapangan menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam menerapkan pendidikan karakter secara terpadu di semua mata pelajaran di sekolah antara lain terjadi pada pelaksanaan evaluasi, khususnya evaluasi formatif. Evaluasi formatif diterapkan guru selama proses pembelajaran untuk mengetahui kompetensi apa yang sudah dicapai siswa serta mengidentifikasi kesenjangan antara kompetensi siswa dengan kompetensi standar yang harus dicapai. Informasi tersebut dimanfaatkan guru untuk merencanakan pembelajaran berikutnya dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...