Ulil Albab
Vol. 2 No. 1: Desember 2022

Peran Guru dalam Melatih Kemandirian Siswa Disabilitas Tunanetra pada Program Baca Tulis Al-Qur’an Braille

Nazrin Nazrin (-)
Nina Mariani Noor (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang sangat mulia diantara ciptaan lainnya. Disabilitas masih menjadi fenomena sosial, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam melatih kemandirian siswa tuna netra agar dapat mandiri dalam membaca Al-Qur’an Braille. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penetian terdiri atas informan utama 3 orang guru penyandang disabilitas tunanetra dan informan kunci 1 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, pemilihan, pemfokusan, penyederhanaan, transformasi dan penyajian data. Hasil penelitian Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Siswa Disabilitas Tuna Netra Pada Program Baca Tulis Al-Qur’an Braille di Sekolah Luar Biasa A Yaketunis Yogyakarta dalam ditarik benang merah bahwa guru disabilitas tunenetra menerapkan peran sebagai motivator, mediator dan fasilitator.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...