Strategi joyfull learning merupakan proses belajar mengajar di kelas yang menyenangkan, nyaman, mengaktifkan bagian otak berpikir, mengoptimalkan proses belajar dan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Strategi joyfull learning terhadap hasil belajar pai siswa kelas VA di SD Inpres Pampang II. jenis penelitian pre-eksperimental dengan jenis one group pretest posttest design. hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi joyfull learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VA di SD Inpres Pampang II. hal ini tampak pada tingkat hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi joyfull learning berdasarkan hasil pretest, nilai rata-rata hasil belajar dari 34 siswa yaitu 43.73.Setelah menggunakan strategi joyfull learning nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 81.14. dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji nomalitas one-sample kolmogorov-smirnov test adalah yaitu; pada nilai Pretest siswa sebesar 0.060>0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data terdistribusi normal dan nilai Posttest siswa sebesar 0.289>0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data terdistribusi normal. Hipotesis alternative (Ha) diterima menunjukkan strategi Joyfull Learning mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama Islam. Berdasarkan hasil uji pairet sample t tes terdapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0.05 dapat disimpulkan bahwa terdapat peninkatan yang signifikan pada nilai pretest-posttest siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023