Tesis ini bertujuan menganalisis seberapa besar kekuatan pengaruh motivasi kerja dan kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik regresi dengan program SPSS 19.0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-Islimiyah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hipotesis kerja pertama yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan diterima dengan kekuatan pengaruh 30,1%. (2) Hipotesis kerja kedua yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan diterima dengan kekuatan pengaruh 27,8%. (3) Hipotesis kerja ketiga yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi kerja dan kompetensi sosial secara bersama-sama terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Sa’adah El-Islamiyah Tembilahan diterima dengan kekuatan pengaruh 64,2%.
Copyrights © 2023