Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Pelayanan Publik Pada Pengelolaan Kearsipan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, yang dikaji dari 1. Reliability, 2. Tangibles, 3. Responsiveness, 3. Assurance. (2) Faktor Penentu Pelayanan Publik Pada Pengelolaan Kearsipan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, yang dikaji dari 1. Faktor individual, 2. Faktor sistem. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelayanan publik pada pengelolaan kearsipan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo sudah berjalan dengan baik, tetapi masih ada beberapa kendala maka perlu adanya peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari 1. Reliability, pelayanan yang diberikan kepada pengguna layanan sudah cukup baik tetapi masih adanya arsip yang tidak ditempatkan pada tempatnya mengakibatkan tercecernya arsip, 2. Tangibles, sudah diterapkan cukup baik, sarana dan prasarana sudah memadai, tetapi SDM masih belum maksimal. 3. Responsiveness, pegawai sudah menerapkan responsiveness dengan baik, 4. Assurance, mengenai jaminan waktu sudah diterapkan dengan optimal, dan Empati pemberi layanan sudah melayani pengguna layanan dengan ramah dan mampu membangun komunikasi yang baik. (2) Faktor penentu pelayanan publik pada pengelolaan kearsipan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, yang terdiri dari 1. Faktor individual, sudah berjalan dengan baik pegawai mampu berkomunikasi yang baik, sikap yang baik dan bertanggungjawab, 2. Faktor sistem, pelayanan publik pada pengelolaan kearsipan sudah menerapkan sistem SRIKANDI yang merupakan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis.
Copyrights © 2023