Untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan di setiap jenjang dan jenis pendidikan, baik di tingkat nasional maupun lingkungan sekitar, perencanaan sangat penting dalam pendidikan Islam. Hal ini tentunya juga akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kemajuan kualitas dan mutu pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan kurikulum madrasah berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang penelitian diperoleh melalui studi pustaka atau literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kurikulum dapat bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. Selain akademik, madrasah berbasis pesantren seringkali fokus pada pengembangan keterampilan hidup dan kepemimpinan, melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Madrasah berbasis pesantren berperan penting dalam menciptakan generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik maupun agama, namun juga memiliki etika yang baik dan kepedulian sosial yang tinggi
Copyrights © 2024