Penelitian ini bertujuan untuk mendalami hubungan antara faktor emosional dan perkembangan bahasa pada anak usia dini, mengeksplorasi dampak ekspresi emosional terhadap kemampuan berkomunikasi, serta memahami bagaimana lingkungan emosional dapat memengaruhi penguasaan bahasa pada tahap-tahap awal perkembangan anak. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa suatu ungkapan perasaan seseorang yang mendalam terkait proses belajar berbahasa dan juga mengalami perasaan frustrasi, kegembiraan, atau ketidakamanan selama tahap-tahap pengembangan bahasa mereka. Pemberian pengetahuan yang luas maka akan sangat berguna untuk memahami bahwa aspek emosional ini dapat memengaruhi kemampuan belajar bahasa anak dan memerlukan dukungan yang tepat dari lingkungan dan orang dewasa di sekitarnya dan juga seperti yang kita ketahui bahwa Emosi dan bahasa merupakan satu kesatuan yang sangat penting karna jika berhasil dalam berbahasa maka akan menghasilkan emosi yang baik, seseorang yang akan kaya berbahasa maka tentu akan bisa menggontrol emosi dengan baik. Tetapi hal tersebut tentu adanya faktor pendukung diantara lingkungan,keluarga serta teman sebaya, hal tersebut lah yang akan mendukung keberhasilan seseorang bisa mengelola emosi dengan baik.
Copyrights © 2023