Ulil Albab
Vol. 3 No. 1: Desember 2023

Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan

Tiur Malasasari Siregar (Universitas Negeri Medan)
Bertua M.G. Siahaan (Universitas Negeri Medan)
Tri Nova Enjelika (Universitas Negeri Medan)
Masri Endayanti Simbolon (Universitas Negeri Medan)
Rona Maruli Siringo-ringo (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Salah satu metode evaluasi yang dapat digunakan adalah pemberian pre-test dan post-test. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan. Penelitian dilakukan melalui studi kasus dengan subjek empiris tiga guru matematika melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pre-test dan post-test memberikan kontribusi positif dalam upaya peningkatan kualitas evaluasi pembelajaran matematika melalui identifikasi kemampuan awal siswa, pengukuran tingkat penguasaan kompetensi siswa, diagnosis kesulitan belajar, dan penyediaan umpan balik untuk perbaikan metode pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pre-test dan post-test bermanfaat untuk meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran matematika di SMA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...