Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah kewajiban bagi perusahaan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dalam suatu lingkungan, begitu juga yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia Tbk melalui Program Digi Heroes. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tahap pencarian fakta, perencanaan, pelaksanaan, dan proses evaluasi Program Digi Heroes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pencarian fakta, Program Digi Heroes diselaraskan dengan landasan perusahaan berupa visi dan misi, lalu analisis situasi yang tengah dihadapi hingga menentukan wilayah tempat pelaksanaan. Pada tahap perencanaan, PT Telkom Indonesia menetapkan tujuan program sesuai dengan konsep SDGs dan CSV, memilih target sasaran, dan stakeholder terkait. Pada tahap pelaksanaan, Program Digi Heroes dilakukan melalui kegiatan pre-event berupa pemberian edukasi di sekolah dan main event berupa festival literasi dan pemberian penghargaan. Pada tahap akhir yakni evaluasi, PT Telkom melakukan evaluasi secara menyeluruh pada akhir kegiatan dan melakukan pengecekan pada setiap minggunya melalui rapat mingguan. Simpulan dari penelitian ini adalah program telah dilaksanakan dengan baik oleh PT Telkom Indonesia, tetapi perusahaan tidak melakukan penetapan indikator keberhasilan pada awal perencanaan kegiatan sehingga tidak ada pembanding keberhasilan kegiatannya, selain itu juga masih terjdi ketidaksepahaman pihak terkait mengenai jadwal pelaksanaan dan hal tersebut dikarenakan oleh kurangnya koordinasi yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia dan pihak sekolah.
Copyrights © 2024