Ulil Albab
Vol. 3 No. 1: Desember 2023

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Puzzle Maker Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Syiah Utama

Nuri Nikmatin (Unknown)
Efrianro Hutashut (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penerapan pembelajaran Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII SMPN 3 Satu Atap Syiah Utama. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment, dengan membandingkan dua kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode Crossword Puzzle dan metode konvensional yaitu ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai post-test kelas eksperimen sebesar 78.15 dengan kategori ketuntasan hasil belajar sebesar 83.3% sedangkan pada post-test kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar sebesar 64.07 dengan kategori ketuntasan hanya sebesar 8.3%. Uji hipotesis yang telah dilakukan dimana nilai ��� untuk Pretest Post-test kelas eksperimen sebesar 0.001 dimana Nilai ��� < 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker terjadi peningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muslim Maros pada konsep Kingdom Animalia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penerapan pembelajaran Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII SMPN 3 Satu Atap Syiah Utama. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment, dengan membandingkan dua kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode Crossword Puzzle dan metode konvensional yaitu ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai post-test kelas eksperimen sebesar 78.15 dengan kategori ketuntasan hasil belajar sebesar 83.3% sedangkan pada post-test kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar sebesar 64.07 dengan kategori ketuntasan hanya sebesar 8.3%. Uji hipotesis yang telah dilakukan dimana nilai ��� untuk Pretest Post-test kelas eksperimen sebesar 0.001 dimana Nilai ��� < 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker terjadi peningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muslim Maros pada konsep Kingdom Animalia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...