Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen kepala PAUD dalam mengefektifkan produktivitas guru di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur untuk menganalisis manajemen kepala PAUD dan strategi manajemen yang digunakan untuk mengefektifkan produktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala PAUD yang efektif dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, memfasilitasi pertumbuhan profesional guru, dan meningkatkan kualitas pengajaran di lembaga PAUD. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya investasi dalam pengembangan keterampilan manajerial kepala PAUD untuk mencapai kualitas pendidikan, membentuk fondasi yang kuat bagi pertumbuhan profesional guru dan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif bagi anak usia dini. Dengan menerapkan strategi-strategi ini dengan konsisten dan berkelanjutan, kepala PAUD dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan prasekolah dan mengoptimalkan produktivitas guru.
Copyrights © 2024