Ulil Albab
Vol. 3 No. 3: Februari 2024

Analisis Nilai Karakter Bernalar Kritis pada Buku Pendamping Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar

Aprianti, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya, dan refleksi pemikiran dan proses berpikir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah karakter bernalar kritis, dan subjek penelitian ini adalah Buku Pendamping Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan (validitas) yaitu dengan membuktikan penelitian ilmiah yang sebenarnya. Teknik analisis data menggunakan teknik content analysis (analisis isi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikator bernalar pada elemen dan sub elemen sudah memenuhi kriteria bernalar kritis pada buku pendamping siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...