Ulil Albab
Vol. 3 No. 8: Juli 2024

Implementasi Kelas Kolaborasi Bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi

Novita Sariani (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan menjadi kunci awal kesuksesan ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan kajian untuk mengetahui proses kegitan kelas kolaborasi dan respon mahasiswa pada kelas yang melibatkan praktisi mengajar. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester 3 tahun ajaran 2023/2024 di Angkatan 3 pada program praktisi mengajar berjumlah 34 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan alat pengumpulan data berupa observasi, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data (penggabungan dan penguatan data), penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Waktu pelaksanaan dari bulan September hingga Desember 2023. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa sangat antusias dalam kegiatan belajar dibuktikan dengan hasil monitoring yang dilakukan secara berkala. Pelaksanaan kelas kolaborasi sebaiknya dilakukan di jam akhir mata kuliah agar tidak menggeser waktu

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...