Ulil Albab
Vol. 3 No. 7: Juni 2024

Efektivitas Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok di SMP

Sasmara, Masna (Unknown)
Nirawati, Resy (Unknown)
Husna, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.  Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 4 Singkawang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan  atau 1,63>0,4505 bearti  ditolak dan  diterima. Hal ini berarti bahwa ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas eksperimen dengan KKM ≥ 70 mencapai 75%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...